Kalimat Penutup DAURAH MASYAYIKH, Yang Disampaikan Oleh Syaikh Khalid Bin Dhahawi Azh-Zhafiri Hafizhahullah Ta’ala

20 SYAโ€™BAN 1432 H / 21 JULI 2011 M

Bismillahirrahmanir Rahim

Satu kalimat dipagi hari ini, disebabkan karena tidak lama lagi kami akan melanjutkan perjalanan Insya Allah, maka saya berkata:

Pada hakekatnya, kami berterima kasih kepada kalian atas kesungguhan kalian untuk hadir (dalam daurah ini) dan semangat kalian untuk menuntut ilmu, dan perhatian kalian dan kemuliaan kalian dalam menjamu para tamu. Hal ini sangat jarang kami dapati di negeri- negeri yang lain. Sebagaimana yang telah kami katakan: bahwa tidaklah kami keluar meninggalkan negeri ini melainkan kami selalu merasa rindu untuk kembali lagi kepadanya, disebabkan apa yang kami saksikan dari persaudaraan yang jujur, dan perhatian yang besar kepada ilmu dari para ikhwan disini, dan pada kalian seluruhnya insya Allah.

Maka saya ingin wasiatkan kepada kalian wahai saudara-saudaraku karena Allah, aku nasehatkan untuk diriku dan juga kalian:

Pertama: untuk bertaqwa kepada Allah Taโ€™ala, dan senantiasa taโ€™at kepada-Nya, menjauh dari berbagai macam syubhat dan syahwat, menjauh dari jalan syaitan, sebab bertaqwa kepada Allah merupakan keselamatan.

Sebagaimana aku nasehatkan kalian untuk perhatian terhadap ilmu, membaca kitab- kitab, dan bersungguh- sungguh padanya, mendengarkan kaset- kaset dan syrah- syarah dari kitab- kitab para ulama yang telah dikenal, dan tidak mengambil dari siapa saja yang didengar dan dibaca kitab- kitabnya, namun harus engkau mengetahui bahwa orang ini termasuk dari kalangan ahli ilmu yang dipercaya ilmu, manhaj dan juga aqidahnya, sehingga engkau tidak terjerumus kedalam syubhat yang dia sampaikan dalam keadaan kamu tidak merasakannya. Kalian harus menambah perhatian terhadap ilmu dan menuntut ilmu.

Kemudian aku nasehatkan pula kalian untuk bersungguh- sungguh pula dalam mempelajari bahasa Arab, cukup banyak dikalangan para ikhwan yang kami datang setiap tahun namun dia tetap saja berada dalam level yang sama dalam bahasa arab (tidak ada peningkatan,pen), tentu ini merupakan satu kekurangan.

Seorang penuntut ilmu, dia tidak mempelajari dan memperluas ilmunya hingga dia benar- benar menekuni bahasa Arab. Mayoritas kitab-kitab para ulama dan kebanyakannya dengan bahasa ini, Al-qurโ€™an dan as-sunnah juga dengan bahasa ini. Kami tidak mengingkari kesungguhan para ikhwan dalam penerjemahan, dan yang semisalnya, namun ini tidaklah mencukupi dari membaca kitab- kitab yang berbahasa Arab, sebab penerjamahan tersebut tergantung pada pemahaman seorang penerjemah dan kepandaiannya dalam bahasa Arab, dan manusia bertingkat-tingkat dalam perkara ini.

Sebagaimana aku wasiatkan kalian untuk semangat dalam persatuan dan persaudaraan diantara kalian, dan saling menasehati diantara kalian dengan cara lemah lembut dan halus, terkhusus diantara para ikhwah salafiyyin, dan menjauh dari sebab-sebab perselisihan, perpecahan, dan sebab yang menyebabkan kalian lalai dalam berdakwah dan mengalami kemunduran dalam berdakwah. Semua itu penyebabnya adalah perselisihan yang terjadi diantara kita. Jika muncul permusuhan atau perselisihan, hendaknya kedua belah pihak berusaha untuk menyelesaikannya dengan berbagai jalan dan usaha.

ูู„ุง ุชู†ุงุฒุนูˆุง ูุชูุดู„ูˆุง ูˆุชุฐู‡ุจ ุฑูŠุญูƒู…

โ€œJanganlah kalian berselisih sehingga kalian terkalahkan dan hilang kekuatan kalian.โ€

Dengan perselisihan menyebabkan hilangnya kekuatan, dan dakwah terbengkalai, dan hilang kekuatan islam dan kaum muslimin.

Sebagaimana Aku wasiatkan kalian untuk berhati-hati dari yayasan- yayasan hizbiyah, sebab mayoritas kepentingan mereka terfokus pada kaum muslimin di luar negeri- negeri Arab, perhatian mereka terfokus disini, Indonesia, India, Pakistan, dan kebanyakan negeri- negeri yang jauh dari negeri- negeri Arab. Mereka mengerahkan kesungguhannya hingga mampu memalingkan manusia kepada hizbiyah mereka dan kepada hawa nafsunya, terkhusus apa yang mereka miliki dari fitnah, yaitu fitnah harta, dimana Yayasan Ihya At-Turats datang dan ingin menarik para pemuda dinegeri ini kedalam hizbiyahnya, dan mereka telah berhasil menarik dan menarik sambil membawa apa yang mereka miliki dari dunia, sehingga dakwah mereka tidak memberikan hasil, dan tidak menghasilkan kecuali kehinaan yang disebabkan terperosoknya kedalam lubang hizbiyah yang bidโ€™ah. Demikian pula pada hari-hari belakangan ini Yayasan Darul Birr juga berusaha masuk ke tengah-tengah para ikhwan kita, namun akhirnya merekapun tersingkap walhamdulillah. Yayasan ini juga merupakan yayasan hizbiyah yang merupakan saudara kandung Ihya At-Turats, yang telah memberi bantuan kepada Abul Hasan Al-Maโ€™ribi dan mengundangnya ke Emirat Arb untuk mengadakan pengajian- pengajian, maka hendaknya berhati- hati dari hizbiyah dan yayasan ini.

Berkata Abdullah bin Mubarak Rahimahullah:

(ู„ุง ุชุฌุนู„ ู„ุตุงุญุจ ุจุฏุนุฉ ุนู„ูŠูƒ ู…ู†ุฉ ููŠู…ูŠู„ ุฅู„ูŠู‡ ู‚ู„ุจูƒ )

โ€œjangan engkau menjadikan ahli bidโ€™ah berbuat baik kepadamu sehingga hatimu condong kepadanya.โ€

Ahli bidโ€™ah jika datang kepadamu, memberikan sesuatu kepadamu, dan berbuat baik kepadamu dengan satu hal, dan memberikan kepadamu harta, pada awalnya mereka berkata: kami tidak menginginkan sesuatu kepadamu, dan kami tidak memberi persyaratan, kami hanya ingin membantumu saja. Namun sedikit demi sedikit hingga akhirnya mereka mampu menarikmu dan menarik dakwahmu, sehingga kamupun membela mereka. Hal ini merupakan hal yang disaksikan dan kenyataan yang terjadi pada kebanyakan mereka.

Engkau mengajar dan belajar dibawah pohon leih baik bagimu daripada binasa bersama hizbiyah โ€“ hizbiyah dan yayasan yang binasa ini, engkau tidak akan dapat menghasilkan ilmu, agama dan juga sunnah. Maka sepantasnya seseorang berhati- hati dari hizbiyah ini dan yang lainnya.

Inilah wasiat antuk diri saya pribadi dan juga untuk kalian, saya berharap kalian dapat menerimanya dan menyimaknya. Demikian pula saya ulangi kembali ucapan terima kasih atas kalian dan juga atas semangat kalian. Kami memohon kepada Allah Azza Wajalla agar memberi kami dan juga kalian kekokohan diatas sunnah, dan mematikan kami diatasnya, dan menjadikan penutup hidup kami dengan Laa Ilaaha Illallaaah, dan mewafatkan kami dan kalian dalam keadaan muslim, serta menjauhkan kami dari berbagai fitnah yang jahat baik yang nampak maupun yang tersembunyi berupa syubhat dan syahwat. Kami memohon kepada Allah agar melindungi kami darinya.

Jazakumullah khaeran wabaarakallahu fiikum

Wassalaamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Berikut transkrip dalambahasa Arab:

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

ูƒู„ู…ุฉ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุตุจุงุญ ู„ุฃู† ุฑุญู„ุชู†ุง ุชูƒูˆู† ุจุนุฏ ู‚ู„ูŠู„ ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡ ูุฃู‚ูˆู„ : ุญู‚ูŠู‚ุฉ ู†ุดูƒุฑ ู„ูƒู… ุงุฌุชู‡ุงุฏูƒู… ููŠ ุงู„ุญุถูˆุฑ ูˆุญุฑุตูƒู… ุนู„ู‰ ุทู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู‡ุชู…ุงู…ูƒู… ูˆูƒุฑู… ุงู„ุถูŠุงูุฉ . ูู‡ุฐุง ู‚ู„ู…ุง ู†ุฌุฏู‡ ููŠ ุฃูŠ ุจู„ุฏ ู…ู† ุงู„ุจู„ุฏุงู† ูˆูƒู…ุง ู‚ู„ุช: ู…ุง ู†ุฎุฑุฌ ู…ู† ู‡ุฐุง ุงู„ุจู„ุฏ ุญุชู‰ ู†ุชุดูˆู‚ ุฅู„ู‰ ุงู„ู‚ุฏูˆู… ุฅู„ูŠู‡ุง ู…ุฑุฉ ุฃุฎุฑู‰ ู„ู…ุง ู†ุฑุงู‡ ู…ู† ุงู„ุฃุฎูˆุฉ ุงู„ุตุงุฏู‚ุฉ ูˆุงู„ุงู‡ุชู…ุงู… ุจุงู„ุนู„ู… ุนู†ุฏ ุงู„ุฅุฎูˆุฉ ู‡ู†ุง ูˆุนู†ุฏูƒู… ุฌู…ูŠุนุง ุฅู† ุดุงุก ุงู„ู„ู‡

ูุฃูˆุตูŠูƒู… ุฅุฎูˆุชูŠ ููŠ ู„ู„ู‡ ุฃูˆุตูŠ ู†ูุณูŠ ูˆุฅูŠุงูƒู… :

ุฃูˆู„ุง: ุจุชู‚ูˆู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุงู„ุงู‡ุชู…ุงู… ุจุงู„ุทุงุนุฉ ูˆุงู„ุจุนุฏ ุนู† ุงู„ุดุจู‡ุงุช ูˆุงู„ุดู‡ูˆุงุช ูˆุงู„ุจุนุฏ ุนู† ุณุจูŠู„ ุงู„ุดูŠุทุงู† ูุฅู† ุชู‚ูˆู‰ ุงู„ู„ู‡ ู‡ูŠ ุงู„ู†ุฌุงุฉ

ูƒู…ุง ุฃูˆุตูŠูƒู… ุจุงู„ุงู‡ุชู…ุงู… ููŠ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ููŠ ุงู„ูƒุชุจ ูˆุงู„ุงุฌุชู‡ุงุฏ ููŠ ุฐู„ูƒ ูˆุณู…ุงุน ุงู„ุฃุดุฑุทุฉ ูˆุดุฑูˆุญ ุงู„ูƒุชุจ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุงู„ู…ุนุฑูˆููŠู† ูˆู„ูŠุณ ูƒู„ ู…ู† ู‡ุจ ูˆุฏุจ ูŠุณู…ุน ู„ู‡ ูˆูŠู‚ุฑุฃ ููŠ ูƒุชุจู‡ ุจู„ ู„ุง ุจุฏ ุฃู† ุชุนุฑู ุฃู† ู‡ุฐุง ุงู„ุฑุฌู„ ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู…ูˆุซูˆู‚ ููŠ ุนู„ู…ู‡ู… ูˆู…ู†ู‡ุฌู‡ู… ูˆุนู‚ูŠุฏุชู‡ู… ุญุชู‰ ู„ุง ุชู‡ู„ูƒ ุจุดุจู‡ุฉ ูŠู„ู‚ูŠู‡ุง ูˆุฃู†ุช ู„ุง ุชู„ู‚ูŠ ู„ู‡ุง ุจุงู„ุง. ูู„ุง ุจุฏ ู…ู† ุฒูŠุงุฏุฉ ุงู„ุงู‡ุชู…ุงู… ููŠ ุงู„ุนู„ู… ูˆุงู„ุชุนู„ู…. ุซู… ุฃูˆุตูŠูƒู… ุจุงู„ุงุฌุชู‡ุงุฏ ุฃูŠุถุง ููŠ ุชุนู„ู… ุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠู‡ , ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฅุฎูˆุฉ ู†ุฃุชูŠ ููŠ ูƒู„ ุณู†ุฉ ูŠูƒูˆู† ุจู†ูุณ ุงู„ู…ุณุชูˆู‰ ููŠ ู„ุบุชู‡ ูˆู‡ุฐุง ุญู‚ุง ุชู‚ุตูŠุฑ.

ุทุงู„ุจ ุงู„ุนู„ู… ู„ู… ูŠุชุนู„ู… ูˆูŠุชูˆุณุน ููŠ ุงู„ุนู„ู… ุญุชู‰ ูŠุชู‚ู† ุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ , ุบุงู„ุจ ูƒุชุจ ุฃู‡ู„ ุงู„ุนู„ู… ูˆุฃูƒุซุฑู‡ุง ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ุบุฉ, ูˆุงู„ู‚ุฑุขู† ูˆุงู„ุณู†ุฉ ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ุบุฉ, ูู„ุง ู†ู†ูƒุฑ ุฌู‡ูˆุฏ ุงู„ุฅุฎูˆุฉ ููŠ ุงู„ุชุฑุฌู…ุฉ ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ู„ูƒู† ู‡ุฐุง ู„ุง ูŠุบู†ูŠ ุนู† ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุฃูˆ ู‚ุฑุงุกุฉ ุจูƒุชุจ ุงู„ู„ุบุฉ ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ , ู„ุฃู† ุงู„ุชุฑุฌู…ุฉ ุชุฑุฌุน ุฅู„ู‰ ูู‚ู‡ ุงู„ู…ุชุฑุฌู… ูˆุฅู„ู‰ ูู‡ู…ู‡ ูˆุฅู„ู‰ ุญุณู†ู‡ ู„ู„ุบุฉ . ู‡ุฐุง ูŠุชูุงูˆุช ููŠู‡ ุงู„ู†ุงุณ .

ูƒู…ุง ุฃูˆุตูŠูƒู… ุจุงู„ุญุฑุต ุนู„ู‰ ุงู„ุชุขู„ู ูˆุงู„ุฃุฎูˆุฉ ููŠู…ุง ุจูŠู†ูƒู… ูˆู†ุตุญ ุจุนุถูƒู… ุจุนุถุง ุจุงู„ุฑูู‚ ูˆุงู„ู„ูŠู†,ุฎุงุตุฉ ุจูŠู† ุงู„ุฅุฎูˆุฉ ุงู„ุณู„ููŠูŠู† ูˆุงู„ุจุนุฏ ุนู† ุฃุณุจุงุจ ุงู„ุดู‚ุงู‚ ูˆุงู„ูุฑู‚ุฉ ูˆุงุงู„ุฃุณุจุงุจ ุงู„ุชูŠ ุชุคุฏูŠ ุฅู„ู‰ ุงู†ุชูƒุงุณ ููŠ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ูˆุถุนุฉ ููŠ ุงู„ุฏุนูˆุฉ , ูƒู„ ุฐู„ูƒ ูŠุณุจุจู‡ ุงู„ุงุฎุชู„ุงู ููŠู…ุง ุจูŠู†ู†ุง , ูุฅู† ุญุตู„ ุนุฏุงุก ุฃูˆ ุฎู„ุงู ูŠุญุงูˆู„ ุงู„ุทุฑูุงู† ููŠ ุญู„ู‡ ุจุดุชู‰ ุงู„ุทุฑู‚ ูˆุงู„ุณุจู„ ูู„ุง ุชู†ุงุฒุนูˆุง ูุชูุดู„ูˆุง ูˆุชุฐู‡ุจ ุฑูŠุญูƒู… ุจุงู„ุชู†ุงุฒุน ุชุฐู‡ุจ ุงู„ุฑูŠุญ ูˆุชุฐู‡ุจ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ูˆุชุฐู‡ุจ ู‚ูˆุฉ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ูˆุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†

ูƒู…ุง ุฃูˆุตูŠูƒู… ุจุงู„ุงู†ุชุจุงู‡ ู…ู† ุงู„ุฌู…ุนูŠุงุช ุงู„ุญุฒุจูŠุฉ ู„ุฃู† ุงู‡ุชู…ุงู…ู‡ุง ููŠ ุงู„ุบุงู„ุจ ุชุฑูƒุฒ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ููŠ ุฎุงุฑุฌ ุจู„ุงุฏ ุงู„ุนุฑุจ, ุชุฑูƒุฒุช ุฌู‡ูˆุฏู‡ุง ู‡ู†ุง ููŠ ุฃู†ุฏูˆู†ูŠุณูŠุง ูˆููŠ ุงู„ู‡ู†ุฏ ูˆููŠ ุจุงูƒุณุชุงู† ูˆููŠ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฏูˆู„ ุงู„ุชูŠ ุชูƒูˆู† ุจุนูŠุฏุฉ ุนู† ุจู„ุงุฏ ุงู„ุนุฑุจ ูŠุจุซูˆู† ุฌู‡ูˆุฏู‡ู… ุญุชู‰ ูŠุณุชู…ูŠู„ูˆู† ุงู„ู†ุงุณ ุฅู„ู‰ ุญุฒุจูŠุชู‡ู… ูˆุฅู„ู‰ ุงู„ุฃู‡ูˆุงุก ุฎุงุตุฉ ุจู…ุง ุนู†ุฏู‡ู… ู…ู† ุงู„ูุชู†ุฉ ูˆู‡ูŠ ูุชู†ุฉ ุงู„ู…ุงู„ ูุชุฃุชูŠ ุฌู…ุนูŠุฉ ุฅุญูŠุงุก ุงู„ุชุฑุงุซ ูุชุฑูŠุฏ ุฃู† ุชุฃุฎุฐ ุงู„ุดุจุงุจ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุจู„ุฏ ูˆู‚ุฏ ุฃุฎุฐุช ูˆุฃุฎุฐุช ุฃู† ุฐู‡ุจ ู…ุนู‡ุง ู„ู„ุฏู†ูŠุง ูู„ู… ุชุซู…ุฑ ุฏุนูˆุชู‡ู… ูˆู„ู… ูŠุชุญุตู„ ู…ู†ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ุฎุฒูŠ ุจุณุจุจ ุงู†ุฎุฑุงุทู‡ ููŠ ู…ุณู„ูƒ ุงู„ุชุญุฒุจ ูˆุงู„ุญุฒุจูŠุฉ ุงู„ุชูŠ ู‡ูŠ ุจุฏุนุฉ . ูˆูƒุฐู„ูƒ ููŠ ุงู„ุฃูŠุงู… ุงู„ุฃุฎูŠุฑุฉ ุญุงูˆู„ุช ุฌู…ุนูŠุฉ ุงู„ุจุฑ ููŠ ุงู„ุฏุฎูˆู„ ุนู„ู‰ ุฅุฎูˆุงู†ู†ุง ูˆู„ูƒู†ู‡ู… ุงู†ู‚ุฏุญูˆุง ูˆุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฌู…ุนูŠุฉ ุฃูŠุถุง ุฌู…ุนูŠุฉ ุญุฒุจูŠุฉ ุดู‚ูŠู‚ุฉ ุฅุญูŠุงุก ุงู„ุชุฑุงุซ ูˆู‡ูŠ ุงู„ุชูŠ ู†ุตุฑ ุฃุจุง ุงู„ุญุณู† ุงู„ู…ุฃุฑุจูŠ ูˆุชุฏุนูˆู‡ ุชู‚ูŠู… ู„ู‡ ุงู„ู…ุญุงุถุฑุงุช ููŠ ุงู„ุฅู…ุงุฑุงุช ููŠู†ุชุจู‡ ุฅู„ู‰ ู…ุซู„ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุฒุจูŠุฉ ูˆุงู„ุฌู…ุนูŠุงุช. ูŠู‚ูˆู„ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุงู„ู…ุจุงุฑูƒ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡:

(ู„ุง ุชุฌุนู„ ู„ุตุงุญุจ ุจุฏุนุฉ ุนู„ูŠูƒ ู…ู†ุฉ ููŠู…ูŠู„ ุฅู„ูŠู‡ ู‚ู„ุจูƒ )

ุตุงุญุจ ุงู„ุจุฏุนุฉ ุฅุฐุง ุฌุงุกูƒ ูˆุฃุนุทุงูƒ ูˆุงู…ุชู† ุนู„ูŠูƒ ุจุฃู…ุฑ ูˆุฃุนุทุงูƒ ู…ู† ุงู„ู…ุงู„ ูˆู‡ู… ููŠ ุงู„ุจุฏุงูŠุฉ ูŠู‚ูˆู„ูˆู† : ู†ุญู† ู„ุง ู†ุฑูŠุฏ ู…ู†ูƒ ุดูŠุฆุง ูˆู„ุง ู†ุฑูŠุฏ ุดุฑูˆุทุง ูˆู†ุฑูŠุฏ ุฃู† ู†ุณุงุนุฏูƒ ูู‚ุท ู„ูƒู† ู‚ู„ูŠู„ุง ู‚ู„ูŠู„ุง ุญุชู‰ ูŠุณุชุฏุฑุฌูˆู†ูƒ ูˆูŠุณุชุฏุฑุฌูˆู† ุฏุนูˆุชูƒ ูˆุชูƒูˆู† ู…ู†ู‡ู… ุชุฏุงูุน ุนู†ู‡ู… ู‡ุฐุง ู…ุดุงู‡ุฏ ูˆุญุงุตู„ ูˆู‡ูˆ ุงู„ูˆุงู‚ุน ููŠ ูƒุซูŠุฑ

ูู„ุฃู† ุชุฏุฑุณ ูˆุชุฏุฑุณ ุชุญุช ูƒู„ ุดุฌุฑุฉ ุฎูŠุฑ ู„ูƒ ู…ู† ุฃู† ุชู‡ู„ูƒ ู…ุน ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุฒุจูŠุงุช ูˆุงู„ุฌู…ุนูŠุงุช ุงู„ู‡ุงู„ูƒุฉ , ู„ู† ุชุชุญุตู„ ู„ุง ุนู„ู‰ ุนู„ู… ูˆู„ุง ุนู„ู‰ ุฏูŠู† ูˆู„ุง ุนู„ู‰ ุณู†ุฉ ููŠู†ุจุบูŠ ุงู„ุญุฐุฑ ู…ู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุฒุจูŠุงุช ูˆุบูŠุฑู‡ุง

ู‡ุฐู‡ ูˆุตูŠุฉ ู„ูƒู… ู„ูŠ ูˆู„ูƒู… ุฃุฑุฌูˆ ุฃู† ุชู„ู‚ู‰ ู‚ุจูˆู„ุง ูˆุงุณุชู…ุงุนุง ูˆุฃุนูŠุฏ ุงู„ุดูƒุฑ ูˆุฃูƒุฑุฑู‡ ู„ูƒู… ูˆุนู„ู‰ ุญุฑุตูƒู… , ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ุฃู† ูŠุซุจุชู†ุง ูˆุฅูŠุงูƒู… ุนู„ู‰ ุงู„ุณู†ุฉ , ูˆุฃู† ูŠู…ูŠุชู†ุง ูˆูŠุฎุชู… ู„ู†ุง ุจู„ุง ุฅู„ู‡ ุฅู„ุง ุงู„ู„ู‡ ูˆุฃู† ูŠุชูˆูุงู†ุง ูˆุฅูŠุงูƒู… ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุฃู† ูŠุฌูŠุฑู†ุง ุจุดุฑ ุงู„ูุชู† ู…ุง ุธู‡ุฑ ู…ู†ู‡ุง ูˆู…ุง ุจุทู† ูˆู‡ูˆ ุงู„ุดุจู‡ุงุช ูˆุงู„ุดู‡ูˆุงุช ู†ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุฃู† ูŠุนูŠุฐู†ุง ู…ู†ู‡ุง

ุฌุฒุงูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑุง ูˆุจุงุฑูƒ ุงู„ู„ู‡ ููŠูƒู… ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Sumber:

www.salafybpp.com

Iklan

Satu Tanggapan

  1. bismillah,semoga bermanfaat untuk kaum muslimin semua jazakumullahu khairon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: